Golkar dan PAN dukung Prabowo

Pada Minggu, 13 Agustus 2023, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk Pemilihan Presiden 2024. Deklarasi ini memiliki dampak signifikan dalam dinamika politik Indonesia. Berikut adalah rangkuman respons dari beberapa partai politik di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) terhadap deklarasi ini.

Dukungan Penuh dari Golkar Bali

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Bali telah menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Prabowo sebagai bacapres pada Pemilu 2024. Dukungan ini sejalan dengan kesepakatan koalisi empat partai, yaitu Gerindra, PAN, PKB, dan Golkar. DPD Golkar Bali menyatakan bahwa semua elemen kader dan simpatisan mendukung sepenuhnya pengusungan Prabowo sebagai bacapres 2024. Selain itu, mereka masih tengah membicarakan target pemenangan di Bali serta strategi yang akan diambil. Dengan delapan dari 55 kursi di DPRD Bali, Golkar memiliki pijakan yang kuat untuk menggerakkan dukungan ini ke depan [[Sumber]].

Sikap PDIP Bali

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Bali, Wayan Koster, merespons dukungan yang diberikan oleh PAN, PKB, Golkar, dan Gerindra kepada Prabowo sebagai bacapres. Koster menganggap bahwa hal tersebut merupakan urusan petinggi partai di Jakarta. Meskipun PDIP mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres), Koster tetap optimis Ganjar akan meraih dukungan yang kuat di Bali [[Sumber]].

PAN NTB Usulkan Erick Thohir sebagai Cawapres

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN NTB, Muazzim Akbar, menyambut baik deklarasi dukungan dari PAN terhadap Prabowo. Ia juga mengusulkan nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo, sesuai dengan amanat Rakernas PAN. Muazzim menyatakan bahwa dukungan PAN untuk Prabowo telah dinantikan oleh publik [[Sumber]].

Strategi Pemenangan Partai di NTB

Beberapa partai pengusung Prabowo di NTB, termasuk Gerindra, PKB, PBB, PAN, dan Golkar, berencana untuk melakukan pertemuan atau konsolidasi dalam waktu dekat. Tujuannya adalah untuk menyusun strategi pemenangan Prabowo di NTB. Partai Gelora NTB yang sebelumnya juga mendukung Prabowo akan turut dilibatkan dalam pertemuan tersebut. Parpol di NTB memiliki keyakinan bahwa bergabungnya Golkar dan PAN akan memperkuat dukungan serta amunisi bagi kemenangan koalisi di Pemilihan Presiden 2024 [[Sumber]].

Kesimpulan

Deklarasi dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Prabowo Subianto sebagai bacapres Pemilihan Presiden 2024 telah menciptakan gelombang reaksi dalam dunia politik Indonesia. Respons positif dari Golkar Bali dan PAN NTB, serta sikap PDIP Bali yang tetap teguh, menunjukkan pergeseran dinamika politik di berbagai daerah. Dengan partai-partai pengusung yang bersinergi dalam merumuskan strategi pemenangan di wilayah-wilayah tersebut, arah perpolitikan jelang Pemilu 2024 semakin menarik untuk diikuti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan